SELAMAT DATANG DI BLOG GUA SEMOGA BERMANFAAT
Toad Jumping Up and Down

Minggu, 13 Oktober 2013

Cara-cara bermain Bass bagi pemula

Sebelum saya memberitahu bagaimana cara-cara bermain bass, saya akan menjelaskan dulu apa itu Bass:

GUITAR BASS

Gitar bass elektrik (biasa disebut Bass elektrik atau bass saja) adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar (dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar).
Bobot dari bass sendiri idealnya lebih berat daripada gitar listrik biasa, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada neck (leher gitar).
Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar (scale).
Ada banyak jenis bass yang dipakai sampai dengan saat ini. Yang paling banyak dipakai berupa contra bass dan cello bass (yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera), bass listrik (biasa digunakan untuk semua jenis pertunjukan terutama band) serta bass fretless yang sama dengan bass listrik tapi tidak ada fret (kolom/pembatas pada papan tekan/neck) pada bass tersebut. Prinsip kerja bass fretless mirip dengan contra/cello bass hanya saja berbentuk gitar listrik.

Senar dan Penalaan (Tuning)

  • Empat senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E", "G-D-A-D", "G-D-G-D", "D-A-E-B", "D-A-D-B (biasanya pola ini dipakai untuk musik-musik underground/ open D), "F-C-G-D" atau "F-C-G-C" Tetapi ada juga yang memakai Piccolo Bass dengan pola biasa "G-D-A-E" tetapi satu oktaf lebih tinggi
  • Lima senar
Biasanya ditalakan ke "G-D-A-E-B", "F-C-G-D-A" tapi kadang-kadang "C-G-D-A-E".
  • Enam senar
Biasanya ditalakan ke "C-G-D-A-E-B", walaupun "E-B-G-D-A-E" juga suka dipakai.
Penalaan di atas diurutkan berdasarkan nomor senar (senar 1, senar 2, dan seterusnya), di mana senar 1 adalah senar terbawah dari gitar bass (senar yang paling tipis).
Pemain bass memilih menggunakan bass dengan lima senar atau pun enam senar dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya. Bass bersenar enam jarang dipakai daripada bass bersenar empat dan bass bersenar lima. Biasanya bass bersenar enam ini banyak dipakai oleh pemain bass beraliran jazz, walaupun tidak dimungkiri pemain beraliran rock-pun ada juga yang memakainya, dikarenakan lebih luasnya jangkauan nada yang bisa dimainkannya serta memungkinkan untuk memainkan lead bass yang lebih variatif.

Nah, kita sudah tahu apa itu Bass, sekarang saya akan langsung memberitahu cara-cara bermain bass bagi pemula,..

Cara-cara bermain gitar bass bagi pemula

 Ada beberapa cara mudah untuk memainkan bass yang dapat ditempuh oleh para bass player pemula. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1.        Sebelum memainkan bass, kita hendaknya menganggap kalau bass yang akan kita mainkan itu adalah perpanjangan dari tangan kita sehigga kita lebih leluasa untuk mengexplorasi imajinasi kita dengan medium bass tadi. 
  2.       Selanjutnya adalah mengenal pola irama ketukan drum sehingga kita bisa dengan mudah untuk membentuk groove yang enak didengar. Untuk posisi tangan, sebaiknya kita berusaha untuk lebih rileks agar tidak mudah lelah. Pick up pada bass juga menentukan style dalam permainan kita. Yang paling utama adalah perasaan, karena jika kita memainkan bass tidak dengan menggunakan perasaan, permainan akan terasa kotor walaupun kita mempunyai skill bermain bass yang cukup.
Dalam latihan juga sebaiknya dibiasakan dalam posisi berdiri. Hal ini dimaksudkan agar ketika akan tampil diatas panggung kita sudah menguasai perpindahan dari fret yang satu ke fret yang lain. Posisi bass juga menentukan dalam permainan.
   
          Dalam permainan bass dikenal istilah "fingering" atau penjarian. Ketika memainkan bass fingering juga sangat mempengaruhi permainan. Posisi jari-jari ketika menekan senar pada papan fret harus lurus ke bawah agar ketika berpindah fret tidak ada bagian yang kosong. Posisi ibu jari juga tidak boleh menggantung diatas papan fret karena membuat jari-jari yang menekan senar menjadi tidak maksimal. 
      
      Selain fingering, dikenal juga istilah "picking". Picking ialah cara memetik senar pada bass. Cara memetik senar pada bass ada dua cara, yaitu dengan penggunakan jari dan juga dengan menggunakan pick. Penggunaan pick biasanya pada aliran musik keras seperti punk, metal dan jenis musik underground.
Tapi semua yang dijelaskan diatas tidak akan berguna tanpa kemauan, karena itu semua tergantung dari kemauan kita untuk mendalami musik khususnya bass.
     
     Beberapa tips yang mungkin bisa ngebantu temen-temen buat belajar gitar bass:
  1. Siapkan gitar bass (kalo gak ada pake gitar bolong aja), Kalo masih gak ada juga pinjem temen yang punya.
  2. Cari temen yang bisa maen bass,minta ajarin kord basicnya.Kalo ga ada temen yang bisa, otodidak juga gak masalah
  3. Beli buku musik, browsing di youtube : searching lesson bass
  4. Tau nada-nada di tiap senar : loss senar 1 adalah nada G, loss senar 2 adalah nada D, loss senar 3 nada A dan loss senar empat nada E.
Berikut nada-nada di tiap senar Bass:

Kita harus tau dan hafal letak-letak nada pada tiap senar bass ini supaya kita mudah untuk memainkan gitar bass.
Jika kita sudah tau dan hafal dengan nada-nada tersebut, kita nyoba maen lagu-lagu yang bass nya gampang (lagu2 pop biasanya bass nya gampang). Nyetel music terus bareng maen pake gitar sendiri,maen pake feel n perhatiin temponya.
Sering-sering dengerin lagu trus perhatiin suara bass nya dan dengerin ikutin ketukan drumm nya soalnya gitar bass tu harus kawin ma drum
Tapi selain yang diatas Tips KUNCI yang paling penting buat temen yang mau belajar musik khususnya gitar bass adalah :
RAJIN,
JANGAN PENGEN CEPET BISA (soalnya belajar musik gak bisa instant),
CONTINUE (lebih baik main 10 menit tiap hari daripada langsung 10 jam tapi tiap bulan aja)
SABAR, jangan cepet emosi kalo gak bisa. :D

SELAMAT MENCOBA SOB,.. :D



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar